Entri Populer

Rabu, 29 Desember 2010

Baterai Canggih

Zaman semakin berkembang dan teknologi berjalan berdampingan, dengan kata lain ikut berkembang juga seiring perkembangan zaman. Banyak para ilmuwan di Luar sana, terus berkarya di ruang bermainnya (Laboratorium). Semua berlomba untuk menciptakan sebuah Inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh Dunia.

Beberapa ilmuwan di Universitas Rochester telah mengembangkan sumber energi yang bisa bertahan selama beberapa dekade. Yaitu baterai yang dapat bertahan lama. Tidak seperti baterai yang kita gunakan saat ini, yang bertahan hanya untuk beberapa hari atau minggu saja. Untuk pengguna alat listrik dan elektronik tentunya sering berharap seandainya baterai atau sumber energi piranti listriknya bisa bertahan lebih lama. Seperti pengguna laptop atau telpon seluler tidak harus memerlukan waktu yang selama itu, namun sumber energi yang seperti itu akan sangat berguna dalam beberapa kondisi ekstrem, misalnya untuk instalasi beberapa piranti listrik tertentu di luar angkasa atau di kedalaman laut.

Untuk meningkatkan efisiensi, digunakan permukaan yang lebih luas, dan juga bentuk permukaan yang tidak datar, tetapi berbentuk mirip seperti sumur. Karena elektron yang dihasilkan dari peluruhan radioaktif arahnya acak, maka dengan menggunakan material berbentuk seperti sumur, jumlah elektron yang ditangkap meningkat drastis dibandingkan dengan hanya menggunakan material berbentuk permukaan datar.
Teknologi utama yang digunakan adalah betavoltaics, yaitu menggunakan sel silikon untuk mengangkap elektron dari gas radioaktif (mirip seperti sel surya yang menangkap foton). Ketika elektron menumbuk sepasang lapisan yang disebut p-n junction, maka arus listrik akan dihasilkan.

Tentunya dengan adanya Inovasi seperti ini, beberapa bagian kegiatan manusia yang kita jalani dengan menggunakan baterai, seperti penggunaan Laptop, Hand Phone, Jam, Senter, Mainan anak - anak, dan sebagainya. Dapat memudahkan kita, tanpa harus selalu mengganti atau mengisi baterai tersebut. Dan kita memiliki waktu yang cukup efektif serta efisien dalam penggunaan alat - alat tersebut, dikarenakan baterai yang canggih dapat bertahan kurang lebih selama 10 tahun.

Sumber Informasi : http://www.physorg.com/news4081.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar